Sabtu, 22 Juni 2013

On Sabtu, Juni 22, 2013 by KPP UIN SGD in

[www.kppuinsgd.com] Gerakan Pramuka Gugus Depan Kota Bandung 23001- 23002 Pangkalan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang telah berdiri sejak 22 Juli 1979 lalu, pada 2013 ini merayakan peringatan Hari Jadinya ke-34 tahun. Peringatan tersebut dihadiri sejumlah anggota Pramuka UIN SGD dari beberapa angkatan dan sejumlah undangan lainnya.” Kami bersyukur kegiatan kepramukaan di UIN Bandung hingga saat ini dapat menghasilkan kader-kader masa depan yang berkarakter dan berkat latihan kepramukaan yang kita adakan, banyak dari alumni kita yang sudah berhasil mengembangkan diri dan prestasi di lingkungannya masing-masing. Harapan saya mudah-mudahan kedepannya bukan hanya mahasiswa dari fakultas Tarbiyah yang ikut kegiatan pramuka. Namun, semua fakultas bisa ikut menjadi anggota pramuka,” ujar Dra. Oestma Rochman,M.Ag., Mt., selaku Pembina Putri di sela-sela acara, di Kampus UIN SGD Bandung, Sabtu (22/6), seperti dilansir Taman Pramuka (TP) www.kwarcabkotabandung.or.id.
Sesuai dengan latar belakang kebutuhannya, sebagai sarana dan media pembinaan generasi muda, maka Gudep UIN sejak 1986 mengembangkan program pembinaan kepramukaanya secara lengkap, yakni Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega.” Walau masih mendapat kesulitan dalam mendapatkan fasilitas, tapi dukungan pihak rektorat UIN sudah cukup baik kepada kegiatan pramuka, kedepannya sampai menjelang musyawarah Ambalan dan Musyawarah Racana semua program kegiatan telah dilaksanakan,” lanjut Kak Oestma yang juga Dosen UIN Bandung dan Anggota Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kota Bandung.
Pada acara tersebut, digelar beberapa stand, penampilan kesenian, lomba Maskot Ambalan UIN, dan penghargaan bagi anggota pramuka UIN yang dikatagorikan teraktif, terdisiplin, dan tervaforit, serta peluncuran Pramuka Niaga UIN Bandung. “Setelah 34 tahun berjalan, dirasakan perkembangan gerakan pramuka UIN Bandung sudah amat luar biasa, Cuma yang perlu lebih dibina lagi ialah mengenai pendidikan kualitas mental para anggota pramukanya, dan hal ini butuh penyempurnaan dan dukungan bersama semua pihak terkait,” harap Kak Hj. Imas Kurniasih, M.Ag., salah satu wakil alumni anggota pramuka putri UIN angkatan 1994.
Harapan yang sama disampaikan Bripka POL. Ivan Rifa’I, salah satu wakil alumni anggota pramuka Putra UIN angkatan 1997 yang menurutnya pramuka UIN harus lebih meningkatkan kreativitas dan inovasi keterampilan kepramukaanya.”  Menurut saya kegiatan gerakan pramuka UIN mulai dari awal pengenalan sudah terprogram dengan baik dan lengkap, itu untuk kedepannya program-program tersebut harus lebih ditingkatkan lagi dari segi kreativitas dan inofasinya disesuaikan dengan perkembangan jaman, sehingga gerakan pramuka UIN dapat lebih maju, berkembang, dan berkualitas,” harap Kak Ivan. []
-Asisten Humas-