Minggu, 13 Oktober 2013

On Minggu, Oktober 13, 2013 by KPP UIN SGD in

Bandung- Sabtu , 12 Oktober 2013 salah satu mitra Unit Protokol Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung  yaitu Protokol Unisba mengadakan satu acara rutin yang biasa dilakukan dalam satu tahun sekali. Acara tersebut dinamakan Proself – table manner course. Kali ini acara proself diadakan di Novotel Bandung yang berada di Jalan Cihampelas. Acara tahun ini merupakan acara yang dikelola oleh angkatan 20 dan 21 protokoler Unisba. Rangkaian acara yang disuguhkan berupa seminar yang berjudul How to build a good first interpretation dan tak ketinggalan acara utama yaitu tabble manner course.

Acara dipandu oleh MC dari Protokoler Unisba yang dapat membawa suasana menjadi lebih enjoy melalui pembawaannya dalam memandu acara dan tutur bahasa yang terlatih. Untuk narasumber seminar yaitu  Ibu Ishviastuti Oscar dari Ariyanti yang merupakan salah satu sekolah kepribadian yang terkenal di Kota Bandung. Dalam seminar ini materi yang dipaparkan adalah mengenai pribadi yang memiliki jati diri, pribadi yang positif dan memiliki citra diri. Dalam hal penilaian penampilan dapat dilihat dari kesan pertama yang ditunjukan oleh seseorang. Kesan pertama inilah yang biasanya dinilai sangat penting karna dapat menunjukan jati diri seseorang. Kesan pertama ini dapat dinilai mulai dari sikap berjalan, sikap berdiri, sikap duduk, bahasa tubuh dan penampilan. Selain dibahas secara teori, cara duduk, berdiri dan berjalan dengan baik sedikit dipraktikan dan ditunjukan didepan peserta seminar sehingga peserta bisa mengetahui mana yang benar.

Selain itu acara ini pun di isi oleh penampilan dari Angklung Satu, LSS, Casava Band dan R. Project yang menghibur peserta dan tamu undangan yang hadir. Peserta yang hadir adalah dari mahasiswa Unisba, alumni Protokoler Unisba, mahasiswa Universitas lain dan Umum. Salah satu tamu undangan yang hadir adalah Mojang dan Jajaka Kota Bandung. Mereka bisa menyampatkan hadir dalam acara Proself ini dan turut berpartisipasi didalamnya.

Acara utama yang ditunggu-tunggu adalah tabel manner course, dimana pada acara utama ini bertujuan untuk dapat mengetahui cara dan etika yang baik dalam hal jamuan makan resmi. Table manner ini merupakan budaya Eropa yang sudah ada sejak dulu dan sampai ini sudah berkembang menjadi suatu sarana untuk bersosialisasi baik yang bersifat bisnis maupun non bisnis. Para peserta diajak untuk bisa melakukan table manner dengan baik dan benar dengan dibantu arahan dari guide table manner Novotel Bandung.

Pada table manner course ini peserta diberikan pengetahuan mulai dari peralatan yang dipakai serta cara pemakaiannya, langkah-langkah yang perlu diperhatikan, jenis-jenis menu dan tipe pelayanan yang diberikan dengan standar internasional. Menu untuk table manner yaitu,  Appatizer- Potato and apple salad with beef bacon and dill; Soup- Italian tomato soup with pesto & grissini stick; Main course - Tenderloin with blackpepper sauce & serve with asian vegetable; Dessert - Baked apple tart top with vanilla ice cream.

Dari semua sesi acara tersebut mulai dari seminar  How to build a good first interpretation dan tabble manner course banyak ilmu yang didapatkan yang bisa menambah wawasan dan pengalaman yang luar biasa serta bertambahnya relasi. So, manfaatkanlah kesempatan yang ada, ambil pelajaran sebanyak mungkin dan ciptakan acara yang lebih luar biasa tentunya. Tetap semangat. Yakin kita bisa mewujudkan mimpi dengan perjuangan dan kerja keras.


Terima kasih.
Salam Pramuka.

 
Ina Indriani Dewi