Minggu, 01 Maret 2015

On Minggu, Maret 01, 2015 by KPP UIN SGD in ,


Sukses dan besarnya acara tergantung pembawa acaranya. kalimat ini, penulis dapatkan ketika mengikuti materi Master of Ceremony yang disampaikan oleh ka Titi Setiawati saat Akademi Protokol pada hari sabtu, 07 Februari 2015.
Adapun pengetahuan yang menjadi pembahasan yaitu, pengertian acara dan orang yang suka membawa acara.

Pengertian macam-macam Acara
Acara Formal
Acara yang memiliki aturan baku dan setiap aturannya harus dipatuhi oleh para hadirin atau orang-orang yang datang. Acara ini ditandai dengan adanya susunan acara yang pasti, bahasa yang formal atau resmi, dan hadirin yang datang memakai pakaian yang sesuai dengan acara.
Acara Non-Formal
Adalah acara yang aturan berbahasa dan berpakaiannya bebas
Acara Semi Formal
Acara yang aturan didalamnya tidak terlalu resmi, namun bahasa yang dipakai adalah bahasa yang baik dan sopan. Terkadang acara ini memiliki aturan berpakaian tapi terkadang pakaian yang dipakai bebas.

Pengertian Pembawa Acara, MC, Entertainer, Announcer dan Moderator
Pembawa Acara
Istilah ini banyak dipakai, lebih cocok digunakan untuk acara-acara yang bersifat resmi, terkait dengan etika protokol dan tidak banyak improvisasi .
Master of Ceremony (MC)
Biasanya untuk acara semi formal dan non-formal, tuntutan  kreativitas dan improvisasinya lebih tinggi. Seorang MC harus mampu membaca situasi, menciptakan suasana sesuai dengan karakteristik acaranya, dan memungkinkan adanya dialog dengan audience.
Entertainer
Fungsi ini setingkat lebih tinggi dari pada MC, karena entertainer dituntut untuk memiliki kemampuan yang lain, misalnya bernyanyi, melawak dan sebagainya.
Announcer
Penyiar radio atau televisi
Moderator
Orang yang memimpin, mengatur, dan memandu diskusi