Senin, 14 Maret 2016

On Senin, Maret 14, 2016 by KPP UIN SGD in , , ,

(Bandung, 13 Maret 2016) Sebagai salah satu Unit Kerja yang berada di lingkungan Gugus Depan Kota Bandung 23001-23002 Pangkalan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Unit Protokol memiliki tugas dalam rangka melanjutkan pendidikan yang telah di bangun oleh Gugus Depan. Salah satunya adalah pendidikan keprotokolan yang diberi nama Akademi Protokol. Kegiatan pendidikan ini dimulai dengan seleksi yang cukup ketat, dibuktikan dengan hanya terpilihnya 29 orang dari 98 Mahasiswa yang mendaftar. Proses seleksi yang ketat tersebut berbanding lurus pula dengan pola pendidikannya yang mengusung tema Protokol Pribadi Paripurna, sehingga dari setiap aspek yang dimiliki oleh peserta didik sangat menjadi pusat perhatian selama pendidikan berlangsung. Tentu saja aspek kekuatan dan kemampuan fisik merupakan hal yang utama yang harus dimiliki seorang Protokoler, selanjutnya aspek etika dan kepribadian yang disentuh selama masa pendidikan.

Bertempat di Taman Kujang UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 29 Siswa Akademi Protokol yang telah menempuh proses pendidikan yang dimulai sejak 11 Januari 2016, akhirnya berhasil dan siap dilantik sebagai Anggota Muda Unit Protokol Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 12 Maret 2016 ini menjadi pusat perhatian seluruh civitas akademika dan masyarakat biasa sekitar kampus. Upacara ini di awali dengan laporan kegiatan oleh H. Muhammad Amar Khana, M.M.Pd. selaku Pamong Unit, isinya mengenai jumlah siswa yang akan dilantik dan proses-proses yang ditempuh para siswa dalam pendidikan. Pengetahuan keprotokolan sangatlah Urgent bagi para kaum muda terutama Mahasiswa guna membantu kegiatan-kegatan nya di bidang akademis maupun organisasi, hal ini disampaikan oleh Pembina Gugus Depan 23002 Kota Bandung Dr. Hj. Yeti Heryati, M.Pd. dalam sambutan pembukaannya di awal upacara, belum lagi peluang-peluang yang berada di luaran sana tentunya bisa jadi kegiatan semacam ini adalah batu loncatan bagi para mahasiswa kepada jenjang karir yang professional di bidang yang sama, yakni profesi keprotokolan.

Hal ini juga didukung oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan, Prof.Dr.H. Muhtar Solihin, M.Ag. yang pada kesempatan ini bertindak sebagai Pembina upacara sekaligus orang yang melantik para calon Anggota Muda Unit Protokol. “ Saya sangat mendukung kegiatan seperti ini, bisa dibayangkan jika 30% saja semua Mahasiswa di UIN Sunan Gunung Djati Bandung bisa mendapatkan pendidikan atau minimalnya pengetahuan tentang keprotokolan. Maka saya jamin kampus ini akan jadi kampus yang luar biasa dan tentunya itu menjadi harapan besar saya, harapan Rektor dan pasti menjadi harapan kita bersama” ungkap Muhtar dalam amanatnya.

Dari sekitar 235 tamu undangan yang hadir, 96 diantaranya adalah orang tua / wali dan keluarga peserta pelantikan. Tamu undangan lain di antaranya para civitas akademika yang terdiri dari Kabag.Kemahasiswaan, Kabag.Humas dan Protokol, Jajaran Dekanat dan jajaran Ketua Jurusan yang sesuai dengan dimana peserta pelantikan menuntut ilmu. Tidak lupa juga tamu undangan dari para aktivis mahasiswa seperti Dema Fakultas, Himpunan Mahasiswa Jurusan dan UKM-UKM lainnya. Selain tamu undangan tadi, ada juga tamu yang sengaja diundang oleh para peserta pelantikan. Kebanyakan adalah teman-teman sesama anggota Pramuka atau teman-teman sekelasnya. Tak jarang juga yang mengajak teman dekatnya untuk melihat momen sakral mereka saat itu. “ Acara ini sengaja kami buat outdoor agar terasa semakin meriah, pun memang karena upacara adalah prosesi yang kami pilih. Hal ini juga salah satu bentuk pendidikan, agar mereka berani tampil di muka umum, belum lagi ditambah dengan dihadiri orang tua, keluarga, teman se-pramuka, se-kelas bahkan teman terkasih nya pun turut hadir. Saya bangga semuanya bisa berjalan dengan sukses dan semoga 29 Tunas baru ini tumbuh dengan baik bersama kami dan memberikan manfaat di kemudian hari.” Pungkas Rina Mahmudah selaku Komandan Unit Protokol Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Penulis :
Mochamad Rezkha Fauziansyah
Ketua Assisten Humas
Unit Protokol Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung


085775086909